Teori Elliott Wave

Elliott Wave

Teori Elliott Wave dikembangkan oleh Ralp Nelson Elliot untuk menggambarkan pergerakan harga di pasar keuangan, dimana ia mengamati dan mengidentifikasi pola gelombang (wave) yang berulang.

Teori ini dibuat olehnya setelah mengamati grafik pergerakan harga di berbagai time frame selama 75 tahun yang  merupakan pengisi waktunya saat itu karena dipaksa pensiun karena sakit, dan menjadi terkenal pada tahun 1935 ketika Elliott membuat prediksi yang luar biasa tentang batas bawah pasar saham. 


Prinsip Elliot Wave

Pada intinya, Prinsip Elliott Wave terdiri dari wave impuls dan wave korektif.

Wave Impuls

Wave Impuls terdiri dari 5 sub-wave yang membuat pergerakan bersih searah dengan tren.
3 di antaranya disebut Wave motif = wave 1, 3, 5
2 di antaranya disebut Wave korektif = wave 2, 4

wave impuls
Namun ada aturan pembentukan yang tidak boleh dilanggar:
  1. Wave 2 tidak boleh bergerak kembali melebihi dari 100%-nya Wave 1.
  2. Wave 3 tidak boleh menjadi gelombang terpendek di antara Wave motif (1, 3, 5).
Jika satu saja dilanggar, maka struktur Wave ini bukanlah Wave Impuls dan harus dilabeli ulang mulai dari Wave 1.


Wave Korektif

Wave Korektif juga dikenal sebagai Wave Diagonal.

Sama seperti Wave Motif, wave Diagonal juga terdiri dari 5 sub-Wave.

Perbedaannya ada pada bentuknya, dimana Wave korektif atau Wave Diagonal akan tampak seperti Baji yang mengembang atau menyusut, serta sub-Wave Diagonal ini mungkin tidak berjumlah 5.
wave korektif

Wave Impuls dan Wave Korektif ini bertumpuk dalam fraktal yang mirip dengan dirinya sendiri dan membuat pola yang lebih besar.

Misalnya, dalam chart yang menampilkan pergerakan harga satu tahun, harga saat ini sedang berada pada Wave Korektif, namun pada chart yang menampilkan pergerakan harga selama 30 hari mungkin menunjukkan harga saat ini sedang berada di Wave Impuls.

Sehingga seorang trader yang menggunakan Elliott Wave dalam melakukan identifikasi tren mungkin akan memiliki pandangan Bearish Jangka Panjang, dengan pandangan Bullish jangka Pendek.


Jika Anda merasa kurang paham pembahasan di atas, silakan baca artikel Belajar Trading Forex terlebih dahulu. 😁

1 komentar untuk "Teori Elliott Wave"

  1. However, electromechanical slot improvement ensured that the reels spun with none mechanical springs. This recreation was extremely popular, leading to a surge in digital gaming. 점보카지노 The first real slot machine primarily based on modern requirements is the Liberty Bell. Also, he included a staggered stopping mechanism for more pleasure.

    BalasHapus

Posting Komentar